Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







INILAH TUBUH DAN DARAH-KU


Minggu 03 Jun 2018

Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus

...Ambillah, inilah tubuh-Ku;... inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang (Mrk 14:22.24)

Kel 24:3-8; Mzm 116:12-13.15-18; Ibr 9:11-15 Mrk 14:12-16.22-26
---o---

Hari ini adalah Hari Raya Tubuh dan Darah Kris- tus. Melalui perayaan ini dan setiap kali Ekaris- ti, kita melaksanakan perintah Yesus: 'Lakukan- lah ini sebagai kenangan akan Daku'. Ekaristi adalah puncak dan pusat iman Katolik. Dalam setiap Ekaristi, kita mengenangkan dan menghadirkan kembali peris- tiwa wafat dan kebangkitan Kristus. Dalam setiap bagian dari roti dan dalam setiap tetes anggur, Kristus hadir. Maka, kita dapat menerima Kristus dalam rupa roti saja, atau anggur saja, atau keduanya bersama-sama (lih. KGK 1390). Meskipun dalam komuni kita hanya menerima se- cuil saja Hosti Kudus, kita tetap menerima Kristus secara penuh, seluruh Yesus Kristus.

Karena Yesus sungguh-sungguh hadir dalam Ekaris- ti, maka kita harus menghormati Sakramen Mahakudus, entah saat komuni, adorasi, dll. Untuk menyambut ko- muni, kita harus mempersiapkan diri dengan doa secu- kupnya dalam hati. Bila dirasa perlu, sangat dianjurkan untuk menerima Sakramen Tobat terlebih dahulu sebe- lum merayakan Ekaristi. Bukankah kita terlebih dahulu mencuci tangan dan piring yang kotor sebelum kita makan? Tubuh Kristus adalah makanan bagi jiwa kita yang hendaknya kita terima dengan hati dan jiwa yang sudah dibersihkan.


(Rm. Innocentius Maria, CSE)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
     



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2021 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik
2021  |  2020  |  2019  |  2018  |  2017  |  2016  | 

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.