Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







SEDEKAH


Rabu 20 Jun 2018

..., Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu (Mat 6:4)

2Raj 2:1.6-14; Mzm 31:20-21.24; Mat 6:1-6.16-18
---o---

Berdoa, memberi sedekah, dan berpuasa adalah tiga tindakan yang diharapkan dari orang Yahudi yang saleh pada masa Yesus. Seperti yang telah Yesus katakan, Dia tidak datang untuk menghancurkan Hukum Taurat, namun untuk membawanya ke tingkat yang lebih baik, menaikkannya ke tingkat yang lebih tinggi. Jadi, Yesus berkeras melakukan tindakan baik ini untuk tidak dilihat dan dipuji oleh orang lain, tetapi 'secara rahasia', karena Bapa yang melihat hati akan memberi penghargaan kepada kita.

Ketiga tindakan saleh ini masing-masing memiliki tempat penting dalam hubungan kita dengan Tuhan dan sesama. Akan tetapi, seseorang bisa saja termotivasi oleh keegoisan dan bukan kemurahan hati. Kunci pilihan kita adalah di mana hati kita berada. Apakah hati saya hanya mengandalkan dan mengutamakan Tuhan? Apakah saya kadang-kadang memutuskan untuk mendapatkan pujian dan kekaguman dalam melakukan tindakan saleh ini?

Yesus meminta dan mengajari kita untuk melakukan tiga tindakan itu secara tersembunyi supaya kita belajar mematikan kecenderungan kepada kemuliaan diri sendiri. Dengan demikian, kita dibantu untuk melakukan segala sesuatu dengan cinta yang tulus, tanpa mengharapkan imbalan apa-apa. Sudahkah saya hidup lepas bebas dari kelekatan-kelekatan akan keegoisan dan kemuliaan diri? Maukah saya belajar mencintai dengan tulus, seperti teladan Yesus, Sang Guru?


(Sr. M. Jacinta, P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
     



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2022 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik
2022  |  2021  |  2020  |  2019  |  2018  |  2017  |  2016  | 

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.