Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







SIAPA BERTELINGA, HENDAKLAH IA MENDENGAR


Kamis 12 Des 2019

Pfak SP Maria Guadalupe

`Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!` (Mat 11:15)

Yes 41:13-20; Mzm 145:1.9-13; Mat 11:11-15
---o---

Masa Adven adalah masa yang sangat singkat. Namun, di masa yang singkat ini, Tuhan ingin mengajak kita semua untuk menantikan kelahiran-Nya kembali di dalam kehidupan kita.

Pada hari ini Tuhan ingin mengajar kita salah satu cara untuk menantikan kelahiran-Nya kembali di dalam kehidupan kita, yaitu dengan `mendengarkan-Nya.` Tuhan berkata: `Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!` (Mat 11:15).

Selain telinga secara jasmani, kita juga dianugerahi oleh Tuhan dengan `telinga batin`. Kita memang memiliki telinga secara jasmani, namun pertanyaan yang perlu kita refleksikan bersama adalah `Apakah kita sungguh-sungguh mendengarkan apa yang kita dengarkan itu? Dan, apakah yang kita dengarkan itu sungguh-sungguh membawa kita kepada Tuhan?`

Tidak cukup kita mendengarkan melalui telinga jasmani saja karena Tuhan juga menganugerahkan telinga batin kepada kita agar kita dapat mengenal dan mengerti kehendak Tuhan bagi kita. Sudahkah kita mengarahkan telinga kita (telinga fisik maupun telinga batin) kepada sabda dan sapaan Tuhan? Ataukah, kita lebih suka mengarahkannya kepada hal-hal yang sia-sia (gosip, obrolan-obrolan tak beriman, bahkan berbau dosa)?` Mari bertobat dan lebih menyadari serta `menyaring` atau `menyeleksi` apa-apa yang kita dengar dengan telinga kita, agar kita tidak disesatkan oleh telinga kita, tetapi dibantu untuk memperoleh keselamatan.


(Fr. Kevin de Sanctis, CSE)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
     



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2022 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik
2022  |  2021  |  2020  |  2019  |  2018  |  2017  |  2016  | 

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.