Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







Yesus Dimuliakan


Minggu 08 Mar 2020

Hari Minggu Prapaskah II

`Dan tiba-tiba sedang ia berkata-kata turunlah awan yang terang menaungi mereka dan dari dalam awan itu terdengar suara yang berkata: `Inilah Anak yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan, dengarkanlah Dia.` (Mat 17:5)

Kej 12:1-4; Mzm 33:4-5.18-20.22; 2Tim 1:8-10; Mat 17:1-9
---o---

Tidaklah mudah menjadi murid Yesus dan menyangkal diri untuk sepenuh hati memikul salib. Tantangan dan cobaan kadang membuat kita ragu untuk melangkah. Akhirnya muncul pertanyaan apakah kehendak-Nya memang yang benar dan yang terbaik?

Dalam Injil hari ini, para murid baru saja menerima pelajaran keras, yaitu mengakui Yesus sebagai Mesias berarti juga siap menerima konsekuensi menderita demi Dia. Maka para murid memerlukan penguatan. Peristiwa Yesus dimuliakan bukan hanya penting untuk meneguhkan misi-Nya, tetapi juga untuk membuka mata rohani murid-murid-Nya bahwa Dia memang Mesias yang dipilih Allah.

Musa mewakili Hukum Taurat yang sejak awal menjanjikan seorang Nabi yang akan datang untuk mengajarkan kebenaran sejati (bdk. Ul.18:18-19). Elia mewakili para nabi yang mengarahkan hati umat Israel untuk mengantisipasi datangnya Sang Mesias. Kemuliaan Allah menjadi tanda yang menguatkan Gereja di masa kini. Tanda yang pertama ialah pertobatan; yang kedua ialah orang-orang yang percaya serta diubah oleh pemberitaan sabda Tuhan bahwa Yesus memang satu-satunya Juruselamat. Semua itu menjadi bukti kebenaran akan iman Gereja, sekaligus meneguhkan Gereja untuk tetap setia walaupun di tengah-tengah penganiayaan.


(Rm. Marsianus, CSE)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
     



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2022 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik
2022  |  2021  |  2020  |  2019  |  2018  |  2017  |  2016  | 

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.