Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







Memilih Untuk Kembali


Sabtu 14 Mar 2020

Hari Biasa Pekan II Prapaskah

`Maka bangkitlah ia dan pergi kepada bapanya` (Luk 15:20)

Mi 7:14-15.18-20; Mzm 103:1-4.9-12; Luk 15:1-3.11-32
---o---

Manusia adalah satu-satunya mahkluk yang diberi anugerah kehendak bebas oleh Sang Pencipta. Allah begitu menghargai kebebasan ini. Pengalaman Si Bungsu dalam perikop Injil ini membuktikan hal itu. Si Bungsu dengan kehendak bebasnya memilih untuk pergi meninggalkan rumah, namun juga dalam kebebasannya memilih untuk kembali lagi.

Pengalaman Si Bungsu menampilkan kisah pertobatan yang sejati. Ia menyadari segala kekurangan, kelemahan, keterbatasan, dan kesalahannya sebelum kembali kepada ayahnya. Pertobatan Si Bungsu memiliki dua aspek, yakni sadar dan bertindak.

Kita adalah orang berdosa. Serupa dengan Si Bungsu yang menjauh dari rumah dan terlelap dalam kenikmatan duniawi. Kita pun menyadari dosa-dosa kita, namun sering kali kita enggan atau bahkan tidak mampu untuk melangkah kembali kepada Bapa. Pertobatan kita sering kali hanya berhenti pada kesadaran belaka bahwa kita adalah orang berdosa.

Oleh karena itu kita layak memohon belas kasih Allah supaya kita dimampukan untuk kembali kepada Allah. Mari kita hidup dalam kebebasan dan kesetiaan, menikmati segala sesuatu bersama Allah. Mari kita hidup dalam rasa syukur atas belas kasih Allah yang memampukan kita untuk hidup dalam kesadaran bahwa Allah adalah Bapa yang Maharahim.


(Fr. Methodius, CSE)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
     



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2022 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik
2022  |  2021  |  2020  |  2019  |  2018  |  2017  |  2016  | 

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.