Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







Yesus Pahlawanku


Jumat 03 Apr 2020

Hari Biasa Pekan V Prapaskah

`... Tuhan menyertai aku seperti pahlawan yang gagah...` (Yer 20:11)

Yer 20:10-13; Mzm 18:2-7; Yoh 10:31-42
---o---

Pahlawan. Ketika mendengar kata ini, apa yang muncul dalam benak Anda? Barangkali Anda membayangkan pejuang yang gagah berani, bertempur sampai titik darah penghabisan di medan perang demi membela bangsa dan negara. Atau mungkin, bagi seorang anak kecil, ayah atau ibunyalah yang menjadi pahlawannya`sosok yang kuat dan melindungi, serta mampu membereskan berbagai persoalan. Bagi para remaja dan orang-orang muda pada umumnya, bisa jadi pahlawan adalah figur yang mereka idolakan, yang menjadi `jagoan` mereka`mungkin selebriti, artis, pemain sepak bola, atau tokoh politik tertentu.

Dalam konteks Perjanjian Lama, Allah pun turut berperang bersama umat Israel: Allah berjuang dengan lengan terentang, melalui Musa yang berdoa untuk kemenangan bangsa Israel melawan orang Amalek dengan kedua tangan yang terentang, disangga oleh Harun dan Hur (lih. Kl 17:8-13). Demikian pula dalam Perjanjian Baru, kepahlawanan Tuhan dinyatakan dalam diri Yesus yang merentangkan tangan-Nya di kayu salib demi keselamatan kita. Ia sungguh-sungguh seorang Pahlawan yang telah mengorbankan Diri-Nya serta membuktikan cinta-Nya kepada kita sehabis-habisnya. Dialah Pahlawan cintakasih. Dialah pelindung dan `jagoan` kita. Dialah Tuhan kita.

Maka kita pun dapat berkata, `Tuhan menyertai aku seperti pahlawan yang gagah` (Yer 20:11).


(Sr. M. Brigitta, P,Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
     



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2022 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik
2022  |  2021  |  2020  |  2019  |  2018  |  2017  |  2016  | 

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.