Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







Kepedulian


Jumat 24 Apr 2020

Hari Biasa Pekan II Paskah
Pfak St. Fidelis dari Sigmaringen, Imam dan Martir


`Dan setelah mereka kenyang Ia berkata kepada murid-murid-Nya: `Kumpulkanlah potongan-potongan yang lebih supaya tidak ada yang terbuang.` (Yoh 6:12)

Kis 5:34-42; Mzm 27:1.4.13-14; Yoh 6:1-15
---o---

Ada dua hal yang bisa kita renungkan dari ayat di atas. Yang pertama, mukjizat penggandaan roti dan ikan menunjukkan perhatian Yesus pada umat-Nya. Ketika Ia tahu bahwa mereka lapar, Ia memberikan makanan sampai mereka terpuaskan dan menjadi kenyang. Sayangnya dalam kenyataan, tidak jarang kita jumpai orang yang hanya memikirkan dirinya sendiri, `Yang penting saya sudah kenyang dan puas. Bagaimana keadaan orang lain, itu urusan mereka, bukan urusan saya!` Bagaimana dengan kita? Apakah selama ini kita sudah memerhatikan kebutuhan sesama di sekitar kita, atau hanya berfokus pada kepentingan kita sendiri?

Yang kedua, Yesus meminta murid-murid-Nya untuk mengumpulkan potongan-potongan roti yang tersisa sehingga tidak ada yang terbuang. Dalam hidup kita sehari-hari, tidak sedikit orang yang membuang-buang makanan dan memboroskan berbagai sumber daya. Apakah kita menjadi salah satu di antara mereka? Apakah kita sadar bahwa ketika kita menghabiskan makanan dan menggunakan sumber daya alam dengan baik, artinya kita mensyukuri pemberian Tuhan serta menghormati orang yang mengusahakannya bagi kita?

Sadarilah, bahwa masih ada banyak orang yang harus bekerja keras demi mendapatkan sesuap nasi. Mungkin keadaan kita lebih baik. Sudahkan kita menunjukkan kepedulian kita kepada mereka melalui tindakan nyata?


(Sr. Anna Gracia, P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
     



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2022 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik
2022  |  2021  |  2020  |  2019  |  2018  |  2017  |  2016  | 

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.