Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







Fiat Voluntas Tua


Selasa 08 Des 2020

Hari Raya Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda

Kata Maria: `Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan, jadilah padaku menurut perkataanmu itu` (Luk 1:38)

Kej 3:9-15.20; Mzm 98:1-4; Ef 1:3-6.11-12; Luk 1:26-38
---o---

Setiap tanggal 8 Desember, Gereja merayakan Hari Raya Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda. Istilah `Fiat Voluntas Tua` berasal dari Bahasa Latin, artinya `Jadilah menurut kehendak-Mu ` atau `Ketaatan membawa sukacita`. Perkataan ini diucapkan oleh Bunda Maria kepada malaikat Gabriel yang membe-ritakan kabar sukacita bahwa Allah telah memilih Bunda Maria untuk melahirkan Anak Allah Yang Mahatinggi.

Bunda Maria mengungkapkan imannya dengan ke-taatan yang tanpa syarat kepada kehendak dan rencana Allah. Saat ia mengungkapkan `fiat` nya berarti ia menyetujui peristiwa `inkarnasi` Sabda Allah terjadi dalam dirinya. Bunda Maria berani mengambil resiko mengandung tanpa suami. Ia tidak memikirkan bahwa akan mendapat hukum rajam karena perzinahan (bdk. Ul 22:23-24). Dengan imannya ia melihat karya keselamatan Allah lebih utama daripada kepentingan dirinya.

Ketaatannya merupakan hasil dari kemurnian hidupnya di hadapan Allah. Apakah kita senantiasa taat dan memuliakan Allah dalam kehidupan kita? Semoga kehadiran kita dimanapun kita ditempatkan, membawa terang bagi sesama dan dunia sekalipun penuh dengan tantangan.

Bunda Maria doakanlah kami...


(Sr. M. Sesilia L., P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
     



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2022 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik
2022  |  2021  |  2020  |  2019  |  2018  |  2017  |  2016  | 

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.