Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







Penyelamat Keluarga


Kamis 17 Des 2020

Hari Biasa Khusus Adven III

Inilah silsilah Yesus kristus, anak Daud, anak Abraham. (Mat. 1:1)

Kej 49:2.8-10; Mzm 72:1-4.7-8.17; Mat 1:1-17
---o---

Mungkin kita berpikir, Mesias seharusnya lahir dalam sebuah silsilah keluarga yang sempurna. Sebagaimana kita sering mendambakan hal itu, dalam hidup keluarga kita masing-masing. Namun saat kita cermati silsilah pohon keluarga Tuhan Yesus, kenyataan berkata lain. Ada nama-nama yang nampaknya mengganggu alur silsilah itu, sebab apa yang diketahui tentang mereka dalam perjanjian lama tidaklah menyenangkan. Misalkan Tamar, Rakhab, Rut dan istri Uria-Betsyeba. Mengapa seorang Mesias, Allah-Raja Agung Penyelamat dunia berada dalam sebuah silsilah yang tidak bersih?

Tuhan Yesus begitu peduli dan solider atas hidup dan keselamatan manusia. Ia rela masuk dalam sejarah kehidupan manusia yang tidak sempurna dan berdosa. Ia tidak malu atau bahkan tidak menolak manusia berdosa yang bertobat. Bahkan kehadiran-Nya yang unik dalam silsilah pohon keluarga ini, membersihkan dan menyucikan keberdosaan manusia. Lalu, apakah kita merasa malu saat tahu bahwa kita lahir dalam sebuah keluarga yang tidak beruntung atau tidak harmonis? Alih-alih mengerutu dan tidak puas, adalah lebih baik kita berpikir dan berusaha menjadi `penyelamat` dan turut mengubah hal yang tidak baik dalam keluarga, menjadi baik dan indah. Semoga Tuhan memberkati keluarga kita masing-masing.


(Fr. Michael, CSE)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
     



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2022 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik
2022  |  2021  |  2020  |  2019  |  2018  |  2017  |  2016  | 

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.