Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







KASIH DI ATAS SEGALA PERATURAN


Selasa 19 Jan 2021

Hari Kedua Pekan Doa Sedunia

Lihat! Mengapa mereka berbuat sesuatu yang tidak diperbolehkan pada hari Sabat? ( Mrk 2:24 )

Ibr 6:10-20; Mzm 111:1-2.4-5.9-10; Mrk 2:23-28
---o---

Setiap orang memiliki reaksi yang berbeda-beda terhadap peraturan atau ketentuan yang berlaku di tengah masyarakat setempat. Ada yang tidak peduli sama sekali, namun ada juga yang terlalu kaku dalam menaati peraturan tersebut, bahkan menuntut orang lain untuk menaatinya, sementara ia sendiri mengabaikannya.

Hari ini, orang-orang Farisi kembali menuntut Yesus dan para murid-Nya untuk menaati hukum Taurat. Mereka tidak lagi menghiraukan nilai-nilai kemanusiaan bahwa para murid Yesus sedang kelaparan. Yesus berkata kepada mereka, `Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat (Mrk 2:27). Maksud-Nya adalah peraturan itu memang diperlukan dalam kehidupan bersama, namun jangan sampai mengorbankan nilai-nilai kemanusiaan.

Yesus bersabda, `Anak Manusia adalah juga Tuhan atas hari Sabat` (Mrk 2:28 ). Anak manusia yaitu Yesus Kristus adalah Sang Kasih. Peraturan dilakukan harus dengan kasih. St. Paulus berkata, `Kasih adalah kegenapan hukum Taurat` (Rm 13:10). Marilah kita belajar meneladan sikap Yesus yang senantiasa mengutamakan kasih di atas segala peraturan, sehingga terciptalah damai dan sukacita.


(Sr. M. Rosalind, P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
     



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2022 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik
2022  |  2021  |  2020  |  2019  |  2018  |  2017  |  2016  | 

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.