Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







TELADAN YESUS BEKAL HIDUP KITA


Kamis 01 Apr 2021

Hari Kamis Putih

Dan mulai membasuh kaki murid-murid-Nya lalu menyekanya dengan kain yang terikat pada pinggang-Nya itu (Yoh 13:5b)

Kel 12:1-8.11-14; Mzm 116:12-13.15-18 ; 1Kor 11:23-26; Yoh 13:1-15
---o---

Konteks Injil hari ini adalah saat Perjamuan Terakhir (Hari Kamis Putih). Sebelum perjamuan itu, Yesus sebagai seorang guru membasuh kaki para murid-Nya, itu bukan hal yang biasa dalam masyarakat Yahudi. Biasanya ini dilakukan oleh seorang hamba kepada tuannya. Lalu mengapa Yesus melakukan perbuatan hina itu? Pembasuhan kaki pertama-tama adalah tanda kasih Yesus kepada murid-murid-Nya sampai pada kesudahannya. Ia menunjukkan tindakan kasih-Nya itu dengan rela menjadi hamba bagi murid-murid-Nya.

Namun pada kesempatan itu Yesus juga mengatakan bahwa pembasuhan kaki itu disampaikan sebagai teladan bagi para murid, agar mereka berbuat seperti itu satu sama lain (ay.15). Teladan ini kemudian menjadi bekal kehidupan orang-orang yang percaya kepada-Nya.

Hidup menggereja yang berpusat pada Ekaristi baru bisa utuh bila dijalani dengan bekal yang diberikan Yesus tadi. Hanya dengan cara itu Gereja akan tetap memiliki integritas. Nah, bagaimana dengan kita sebagai anggota Gereja, apakah kita sudah meneladani sikap Yesus ini dalam memandang sesama kita? Mari kita renungkan!


(Sr. M. Faustiana, P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
     



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2021 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik
2021  |  2020  |  2019  |  2018  |  2017  |  2016  | 

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.