Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







HIDUPLAH SEBAGAI ORANG MERDEKA


Selasa 17 Agust 2021

Hari Raya Kemerdekaan Republik Indonesia

Hiduplah sebagai orang merdeka dan bukan seperti mereka yang menyalahgunakan kemerdekaan itu (1Ptr 2:16)

Sir 10:1-8; Mzm 101:1-3.6-7; 1Ptr 2:13-17 ; Mat 22:15-21
---o---

Pada hari ini, bangsa Indonesia merayakan hari Kemerdekaan RI ke-76 tahun. Mari kita bersama merenungkan apakah selama ini kita sudah hidup sebagai orang merdeka? Untuk menjawabnya, kita perlu tahu makna hidup yang merdeka. Apakah hidup yang merdeka berarti hidup dengan melakukan semua yang kita kehendaki? Tentu saja tidak demikian. Kalau hidup semau kita, malah akan terjadi kekacauan dan keributan di mana-mana.

Santo Petrus mengajarkan kepada kita bahwa hidup seorang merdeka adalah hidup seorang hamba Allah. Apa yang dilakukan oleh seorang hamba Allah? Dia yang menghormati semua orang, mengasihi saudara-saudaranya, takut akan Allah dan menghormati kepala pemerintahan (bdk 1 Ptr 2:17). Seorang hamba Allah juga mampu untuk memberikan kepada Allah apa yang wajib dipersembahkan kepada Allah, dan memberikan kepada Negara apa yang wajib dipersembahkan kepadanya (bdk Mat 22:21).

Tuhan Yesus, bantulah kami dengan rahmat-Mu agar kami dapat menjadi hamba-Mu yang baik. Hamba yang mampu untuk mengasihi Engkau yang telah memberikan bangsa dan tanah air kami. Hamba yang mampu menjadi warga negara yang mengasihi dan berbakti kepada negara Indonesia. Amin.


(Sr. Alphonsa M., P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
     



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2021 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik
2021  |  2020  |  2019  |  2018  |  2017  |  2016  | 

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.