Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







MOTIVASI DI BALIK TINDAKAN


Minggu 29 Agust 2021

Hari Minggu Biasa XXII

...Sebab ada tertulis: Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari pada-Ku (Mrk 7:6)

Ul 4:1-2.6-8; Mzm 15:2-5; Yak 1:17-18.21-22.27 ; Mrk 7:1-8.14-15.21-23
---o---

Apakah kita menyadari tujuan apa yang terkandung dari hidup kita dan itu untuk mengarahkan seluruh kehidupan kita pada tujuan itu? Tujuan hidup manusia memengaruhi sikap dan motivasi di balik tindakan yang diambil.

Di dalam Injil kita temukan orang-orang Farisi dan beberapa ahli Taurat yang datang dari Yerusalem kepada Yesus. Mereka memiliki motivasi yang jauh dari Tuhan, sehingga Yesus menegur mereka, `Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari pada-Ku` (bdk Mrk 7:6).

Bila kita memiliki tujuan yang benar, kita akan bertindak dengan motivasi yang selaras dengan tindakan itu. Ada orang yang mempertahankan kedudukan dengan cara apapun karena ingin mencari keuntungan. Yang lain lagi menampakkan diri suci untuk meningkatkan derajat status mereka. Kita menjadi munafik jika kita berpusat pada penampilan dan reputasi, mengikuti praktik-praktik keagamaan, namun membiarkan hati kita jauh dari Tuhan dan menekankan kebajikan diri sendiri, tetapi mencari kesalahan orang lain.

Apakah tindakan kita dimotivasi oleh kasih kepada Tuhan dan sesama, demi kemuliaan Tuhan dan bukan diri sendiri?


(Sr. M. Eusebia, P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2021 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik
2021  |  2020  |  2019  |  2018  |  2017  |  2016  | 

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.