Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







TULI DIJADIKAN-NYA MENDENGAR


Minggu 05 Sep 2021

Hari Minggu Biasa XXIII
Hari Minggu Kitab Suci Nasional


...`Ia menjadikan segala-galanya baik, yang tuli dijadikan-Nya mendengar, yang bisu dijadi-kan-Nya berkata-kata` (Mrk 7:37)

Yes 35:4-7 ..Mzm 146:7-10; Yak 2:1-5; Mrk 7:31-37
---o---

Hal mendengarkan sesama kita adalah pekerjaan yang tidak mudah. Ada banyak orang sulit untuk mendengarkan, tidak mau bersabar, dan cepat-cepat ingin selesai supaya tidak merasa terbeban masalah orang lain. Untuk bisa mendeng-arkan dengan baik dibutuhkan kedekatan, kerelaan hati, perlu diam, perlu menyingkirkan suasana hati yang keruh.

Dalam Injil, Tuhan Yesus menyembuhkan orang yang tuli dan menjadikannya mendengar dan berkata-kata. Tergerak oleh belaskasihan, Yesus memulihkan relasi orang yang tuli supaya bisa mendengarkan apa yang disabdakan-Nya serta berkata-kata sebagai wujud pewartaan tindakan Yesus yang menyelamatkan. Yesus Kristus adalah Sang Sabda. Ketika orang tuli itu bisa mendengar, ini pertanda bahwa cara mendekatkan diri kita terhadap Sabda Tuhan hanya dengan mendengarkan-Nya. Kita bisa saja mengalami kegagalan mendengarkan Sabda Tuhan sebagai pelita dalam hidup kita, sehingga menuntun manusia ke dalam dosa. Terkadang kita gagal melayani sesama untuk mendengarkannya hanya karena tidak punya waktu, perasaan kesal, jengkel, malu atau takut. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk melayani sesama dan mendengarkan Sabda-Nya.


(Rm. Marsianus, CSE)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2021 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik
2021  |  2020  |  2019  |  2018  |  2017  |  2016  | 

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.