Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







MENCINTAI SESAMA


Jumat 10 Sep 2021

Hai orang munafik, keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas ... (Luk 6:42b)

1Tim 1:1-2.12-14; Mzm 16:1-2.5.7-8.11
Luk 6:39-42

---o---

Kata-kata Yesus ini keras di telinga orang-orang munafik, yaitu orang yang nampak baik di luar, sehinga mereka tidak ada toleransi dengan sesama, yang kelihatan kekurangannya. Yesus secara blak-blakan menunjuk kepada `orang baik,` atau `orang saleh` itu agar melihat keadaan/kondisi, melihat dirinya sendiri, sebelum menegur atau memperbaiki orang lain alias harus mawas diri sendiri dulu sebelum menegur/memperbaiki orang lain.. Jadi mawas diri itu yang utama dan akhirnya tidak jadi menegur/memperbaiki orang lain, karena yang dlihat di saudaranya itu sama atau lebih sedikit dari pada yang ada padanya.

Yesus mau supaya murid-murid-Nya `tidak mengadili` dan `tidak menghakimi,` tapi supaya mereka `mengampuni` dan `memberi `.

Hal ini sulit kita lakukan dengan kekuatan sendiri tapi kita belajar dari Paulus untuk mempercayakan hal itu kepada Allah. Juga seperti si pemazmur, `yang senantiasa memandang kepada Tuhan` (bdk. Mzm 16:8a).
`Tuhan bantulah aku untuk melihat dirku dan sesamaku sebagaimana adanya.` Amin.


(Sr. M. Vianney, P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2021 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik
2021  |  2020  |  2019  |  2018  |  2017  |  2016  | 

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.