Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







PANTULAN DARI HATI


Selasa 12 Okt 2021

.., kamu membersihkan bagian luar dari cawan dan pinggan, tetapi bagian dalammu penuh rampasan dan kejahatan (Luk 11:39)

Rm 1:16-25; Mzm 19:2-5; Luk 11:37-41
---o---

Pesan Yesus pada Injil hari ini mengingatkan kita bahwa hal yang terutama ialah kesucian hati dan bukanlah hal yang lahiriah. Apa yang dimaksudkan oleh Yesus ketika ia mengatakan kepada orang Farisi: `...bagian dalammu penuh dengan rampasan dan kejahatan?`

Orang Farisi cenderung berbangga atas pengetahuan yang dimiliki sehingga cenderung untuk menghakimi orang sesuai pemikiran mereka sendiri. Selain itu, mereka juga lebih mengutamakan persepuluhan ketimbang cinta kasih sehingga gagal menyadari orang-orang yang paling membutuhkan yang ada di sekitar mereka. Secara lahiriah, mereka tampil sebagai orang saleh tapi hati mereka tidak ada kasihnya. Hal-hal lain tampaknya lebih penting daripada mengusahakan pertobatan yang sejati.

Apakah kita juga memiliki sifat seperti orang Farisi? Apakah kita justru memberikan penghakiman daripada belas kasihan terhadap sesama yang bersalah kepada kita? Atau apakah kita tidak dapat menerima masukan orang lain karena merasa diri lebih benar?

Manusia melihat luarnya tetapi Allah melihat hati. Tuhan lebih berkenan pada hati yang suci daripada tindakan yang menyolok namun tidak di dasari oleh cinta kasih.


(Sr. M. Giselle, P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2021 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik
2021  |  2020  |  2019  |  2018  |  2017  |  2016  | 

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.