#renungan

*PANTULAN DARI HATI*

Selasa 12 Okt 2021

_.., kamu membersihkan bagian luar dari cawan dan pinggan, tetapi bagian dalammu penuh rampasan dan kejahatan (Luk 11:39)_


Pesan Yesus pada Injil hari ini mengingatkan kita bahwa hal yang terutama ialah kesucian hati dan bukanlah hal yang lahiriah. Apa yang dimaksudkan oleh Yesus ketika ia mengatakan kepada orang Farisi: `...bagian dalammu penuh dengan rampasan dan kejahatan?`

Orang Farisi cenderung berbangga atas pengetahuan yang dimiliki sehingga cenderung untuk menghakimi orang sesuai pemikiran mereka sendiri. Selain itu, mereka juga lebih mengutamakan persepuluhan ketimbang cinta kasih sehingga gagal menyadari orang-orang yang paling membutuhkan yang ada di sekitar mereka. Secara lahiriah, mereka tampil sebagai orang saleh tapi hati mereka tidak ada kasihnya. Hal-hal lain tampaknya lebih penting daripada mengusahakan pertobatan yang sejati.

Apakah kita juga memiliki sifat seperti orang Farisi? Apakah kita justru memberikan penghakiman daripada belas kasihan terhadap sesama yang bersalah kepada kita? Atau apakah kita tidak dapat menerima masukan orang lain karena merasa diri lebih benar?

Manusia melihat luarnya tetapi Allah melihat hati. Tuhan lebih berkenan pada hati yang suci daripada tindakan yang menyolok namun tidak di dasari oleh cinta kasih.

*_Sr. M. Giselle, P.Karm_*

Selasa 12 Okt 2021
Rm 1:16-25; Mzm 19:2-5; Luk 11:37-41

Sumber:
*Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"*
http://www.renunganpkarmcse.com

*Join WA-Grup RenunganPKarmCSE, klik (pilih salahsatu)*
https://chat.whatsapp.com/LlVuvmjSygB0hLnU5Jpyub
atau
https://chat.whatsapp.com/HsC39ooiClMEa24pxcxY88
atau
http://renunganpkarmcse.com/wagrup