Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







KESELAMATAN DARI TUHAN


Minggu 05 Des 2021

Hari Minggu Adven II

`Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni dosamu` (Luk 3:3)

Bar 5:1-9; Mzm 126:1-6; Flp 1:4-6.8-11 ; Luk 3:1-6
---o---

Para nabi diutus dalam ruang dan waktu untuk menyampaikan Sabda Allah. Kata-kata mereka tidak pernah lepas dari konteks zaman mereka. Yohanes Pembaptis adalah salah seorang nabi yang diutus untuk menyampaikan Sabda Allah. Ia diutus untuk mempersiapkan jalan Tuhan Yesus. Lukas menempatkan kemunculan dan pelayanan Yohanes Pembaptis dalam konteks politik dan religius zaman itu. Dengan demikian kapan Yohanes Pembaptis hidup dan berkarya jelas.

Untuk melaksanakan tugasnya Yohanes Pembaptis berjalan mendahului Yesus. Yohanes Pembaptis memberitakan baptisan tobat demi pengampunan dosa. Ia mengusahakan supaya mereka suci, tak bercacat, dan dipenuhi buah kebenaran agar semua orang melihat keselamatan yang akan dilakukan oleh Allah.

Yohanes Pembaptis juga melihat Tuhan ajaib akan datang segera untuk mengadili umat-Nya. Maka satusatunya jalan untuk menghindari hukuman itu adalah bertobat. Oleh karena itu Ia menyerukan, `Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis! Orang-orang yang bertobat akan mengalami pengampunan dosa dan sebagai tanda pertobatan Yohanes membaptis mereka di sungai Yordan.


(Rm. Hubertus Maria, CSE)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
     



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2023 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik
2023  |  2022  |  2021  |  2020  |  2019  |  2018  |  2017  |  2016  | 

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.