Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







RAHMAT PEMBAPTISAN


Minggu 09 Jan 2022

Pesta Pembaptisan Tuhan

Ketika seluruh orang banyak itu telah dibaptis dan ketika Yesus juga dibaptis .... (Luk 3:21)

Yes 40:1-5.9-11; Mzm 104:1-4.24-25.27-30
Tit 2:11-14; 3:4-7; Luk 3:15-16.21-22

---o---

Hari ini kita merayakan Pesta Pembaptisan Tuhan. Mengapa Yesus mau dibaptis? Pertama-tama dikatakan bahwa bukan Yesus yang terlebih dahulu dibaptis melainkan orang banyak (bdk. Luk 3:21). Orang banyak ini datang kepada Yohanes Pembaptis untuk dibaptis di sungai Yordan. Baptisan yang dilakukan Yohanes adalah pembaptisan untuk pertobatan dan pengampunan dosa (bdk. Luk 3:3). Pendosa, pelacur, pemungut pajak datang pada Yohanes Pembaptis. Yang menjadi persoalan adalah Yesus juga kemudian dibaptis oleh Yohanes. Apa persoalannya? Yesus tidak membutuhkan baptisan ini karena ia tidak berdosa.

Mengapa Yesus memberikan diri untuk dibaptis? Pertama, Yesus solider. Ia masuk dalam golongan orang berdosa. Kedua, Yesus memahami baptisan-Nya sebagai antisipasi atas sengsara dan kebangkitan-Nya. Pembaptisan adalah bentuk solidaritas Yesus atas manusia. Bentuk solidaritas ini memuncak dalam peristiwa salib Yesus. Ia memikul semua dosa manusia.

Apa pengaruh pembaptisan Yesus terhadap pembaptisan umat beriman? Pembaptisan Yesus memungkinkan umat beriman untuk disatukan dengan-Nya yang dibaptis, masuk dalam pertobatan, memulai hidup baru, menerima Roh Kudus dan menjadi anak-anak Allah.

Baiklah kita bersyukur untuk pesta ini dan menghayati rahmat pembaptisan yang sudah kita terima.


(Rm. Klimakus de Jesu, CSE)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
   



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2022 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik
2022  |  2021  |  2020  |  2019  |  2018  |  2017  |  2016  | 

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.