Home
Menu



RENUNGAN HARIAN


Renungan Harian Katolik (RenunganPKarmCSE.com)







KASIH TIDAK MEMENTINGKAN DIRI


Sabtu 04 Feb 2023

Maka tergeraklah hatiNya oleh belas kasihan kepada mereka.....(Mrk 6:34)

Ibr 13:15-17.20-21; Mzm 23:1-6; Mrk 6:30-34
---o---

Markus 6:34, `Ketika Yesus mendarat, Ia melihat sejumlah besar orang banyak, maka tergeraklah hati-Nya oleh belaskasihan kepada mereka seperti domba yang tidak mempunyai gembala. Lalu mulailah Ia mengajarkan banyal hal kepada mereka. Diceritakan dalam ayat sebelumnya bahwa Yesus dan para murid bertujuan untuk beristirahat ke tempat yang sepi setelah melayani begitu banyak orang sampai makanpun mereka tidak sempat. Namun, setelah menyebrang menuju tempat beristirahat, begitu banyak orang telah menunggu mereka di sana. Reaksi Yesus saat melihat orang banyak ini yang patut menjadi bahan permenungan kita `maka tergeraklah hati-Nya oleh belaskasihan kepada mereka`.

Ego seringkali menjadi penghalang terwujudnya cinta kasih. Apalagi saat kebutuhan pribadi menuntut untuk dipenuhi juga, sehingga membuat kita mengabaikan orang-orang di sekitar kita. Hari ini Yesus mengajarkan belaskasih yang mengesampingkan ego pribadi. Kasih yang tulus disertai dengan tindakan yang nyata, tidaklah mudah, karena butuh kedalaman kasih yang tulus, Refleksi bagi kita, apakah saat kita lapar, saat kita butuh istirahat, saat kita hanya punya uang pas-pasan, apakah kita tetap mau berbelas kasih kepada mereka yang sungguh membutuhkan pertolongan kita.


(Sr. M. Bernadine P.Karm)

Sumber:
Buku renungan harian "SABDA KEHIDUPAN"
FB: http://www.facebook.com/renunganpkarmcse
Web: http://www.renunganpkarmcse.com
     



Terima kasih sudah membaca RenunganPKarmCSE.com. Semoga menjawab kerinduan Saudara/i akan sabda-Nya yang hidup. Dan boleh semakin membawa Saudara/i pada keselamatan melalui sabda-Nya. Berbahagialah orang yang merenungkan sabda Tuhan siang dan malam.


  Renungan Lainnya:








©Copyright 1990-2023 RenunganPKarmCSE.com
Renungan Harian Katolik
2023  |  2022  |  2021  |  2020  |  2019  |  2018  |  2017  |  2016  | 

Silakan memakai (copy) isi web ini tapi harus cantumkan " www.RenunganPKarmCSE.com ". Tidak diperkenankan untuk memperbanyak sebagian atau seluruh tulisan dari web ini untuk kepentingan komersial.